Manfaat Minum Kopi

Manfaat Minum Kopi

Paranashta – Sebelumnya kami telah membahas tentang Asal Usul dan Sejarah Kopi serta Macam – Macam Minuman Kopi. Pada kali ini kami akan membahas tentang Manfaat Minum Kopi.

Seperti halnya minuman lainnya yang memiliki manfaat, kopi juga memiliki manfaat yang sangat menjanjikan bagi orang – orang yang meminumnya, tetapi dalam batas sewajarnya dan tidak berlebihan.

Kopi merupakan salah satu minuman paling populer yang ada di dunia. Di Indonesia, minuman kopi juga sangat populer di berbagai kalangan, baik kalangan orang tua maupun anak muda, dan terkadang kopi menjadi bagian dari gaya hidup.

Indonesia memiliki banyak varietas jenis kopi yang tumbuh hampir di seluruh daerah di Indonesia. Hal ini menyebabkan kopi seakan-akan tidak dapat terpisahkan dari budaya masyarakat Indonesia.

Sejumlah orang di Indonesia memiliki kebiasaan minum kopi hitam hangat di pagi hari. Minum kopi hitam di pagi hari dapat berdampak positif bagi tubuh karena kopi hitam mengandung antioksidan dan mineral penting seperti riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium dan niasin.

Manfaat Minum Kopi

Berikut ini kami akan membahas tentang manfaat kopi yang bermanfaat bagi kesehatan, yaitu antara lain :

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Minum kopi hitam di pagi hari ternyata dapat meningkatkan fungsi otak dan daya memori dengan cara menjaga otak tetap aktif. Kopi mengandung kafein yang bersifat stimultan yang berarti kafein akan segera terserap ke aliran darah dan bergerak ke otak sesaat setelah minum kopi. Kopi manfaat untuk meningkatkan fungsi otak termasuk daya ingat, kewaspadaan, fokus hingga kemampuan merespon sesuatu. Selain itu kopi hitam juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit demensia.

2. Membersihkan Perut

Kopi memiliki sifat diuretic yang dapat membuat ingin selalu buang air kecil. Hal ini baik untuk mengeluarkan racun – racun yang ada dalam tubuh melalui urin.

3. Menjaga dan Melindungi Kesehatan Hati

Penyakit hati disebabkan oleh Sirosis atau pertumbuhan jaringan parut di hati. Minum kopi rutin setiap hari, maksimal empat gelas perhari, dapat mencegah seseorang terkena sirosis. Dari hasil studi dijelaskan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi hitam perhari memiliki resiko hingga 80% lebih rendah terkena penyakit hati.

4. Membantu Hidup Lebih Lama

Sebuah penelitian dari Harvard menyatakan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan 20% resiko kematian pada pria dan penurunan resiko kematian 26% pada wanita dalam rentang umur 18-24 tahun.

5. Meningkatkan Kapasitas Kinerja Fisik Tubuh

Minum kopi setiap pagi hari juga dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas kinerja fisik tubuh rata – rata 11-12%. Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan kadar epinefrin (adrenalin) dalam darah sehingga tubuh lebih siap beraktifitas fisik.

6. Meningkatkan Jumlah Antioksidan Dalam Tubuh

Kopi hitam mengandung vitamin B2, B3, B5, Mangan, Potasium, dan Magnesium sehingga dapat sebagai pembangkit tenaga dan antioksidan dalam tubuh.

7. Mengurangi Stres dan Depresi

Kopi hitam dapat merangsang sistem saraf pusat dan dapat meningkatkan produksi dopamin, serotonin, dan noradrenalin yang dapat meningkatkan suasana hati seseorang. Sebuah penelitian dari Harvard membuktikan bahwa wanita yang minum 4 cangkir kopi perhari memiliki resiko terkena stres dan depresi 20% lebih rendah daripada wanita bukan peminum kopi.

8. Membantu Membakar Lemak Tubuh

Kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat merangsang sistem saraf dan memberikan sinyal kepada sel lemak agar dapat segera memecah lemak yang ada di dalam tubuh sesaat setelah minum kopi. Menurut penelitian dari Universitas London bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh hingga 3-11%. Efek kafein ini dalam membantu membakar lemak lebih efektif pada orang kurus ketimbang orang gemuk.

9. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang rutin minum kopi hitam tanpa gula setiap hari memiliki resiko terserang diabetes lebih rendah daripada orang yang bukan peminum kopi hitam.

10. Mencegah Penyakit Alzheimer dan Parkinson

Penyakit degeratif ini belum ada obatnya tetapi dapat dicegah dengan menjaga pola makan sehat, rajin olahraga dan minum kopi. Menurut beberapa penelitian bahwa orang yang rutin minum kopi setiap hari memiliki resiko penyakit alzheimer lebih rendah 65% daripada orang yang bukan peminum kopi. Studi lain juga menjelaskan bahwa orang yang rutin minum kopi memiliki resiko penyakit perkinson lebih rendah 32-60% daripada orang yang bukan peminum kopi.

11. Menurunkan Resiko Kanker Hati dan Kolorektal

Potensi lainnya dari rutin minum kopi di pagi hari yaitu mencegah penyakit kanker hati dan kolorektal karena kedua jenis kanker ini termasuk ke dalam 10 besar penyebab kematian akibat kanker di dunia.

Dengan banyaknya manfaat dari kopi yang sangat menjanjikan tersebut tetapi kita harus tetap dapat menjaga Ritme Sirkadian. Ritme Sirkadian adalah jam biologis yang mengatur kapan saat tidur, makan hingga mengendalikan hormol itres (kortisol).

Waktu terbaik yang dianjurkan untuk minum kopi adalah di pagi hari karena saat pagi hari hormon kortisol sedang rendah. Selain mempertimbangkan waktu terbaik untuk minum kopi ada baiknya juga minum kopi tidaj lebih dari empat cangkir perhari dan hindari tambahan lainnya seperti sirup, gula/ pemanis buatan, krim kocok, dan susu berlemak jenuh saat minum kopi.

Sumber Gambar : Fotografer Burst Pexels

Bagikan Informasi :