Cara Minum Kopi Yang Menyehatkan - PARANASHTA – 100% Cinta Produk Indonesia

Cara Minum Kopi Yang Menyehatkan

Oleh. Paranashta
8 February 2021 (3:01 PM)
Bagikan

Paranashta – Sebelumnya kami telah membahas tentang Manfaat Minum Kopi yang sangat menjanjikan bagi orang – orang yang meminumnya, tetapi dalam batas sewajarnya dan tidak berlebihan.

Terkadang tanaman kopi diberikan tambahan pestisida dan pupuk kimia sehingga menyebabkan banyaknya residu yang terkandung dalam biji kopi tersebut. Penambahan probiotik pada kopi dapat digunakan untuk menetralkan residu yang ada di dalam biji kopi sehingga aman bagi kesehatan tubuh. Selain itu, penambahan probiotik pada kopi dapat membuat kopi aman bagi penderita lambung dan pencernaan.

Selain penambahan probiotik, cara minum kopi yang baik dan benar juga dapat mempengaruhi kesehatan bagi penikmat kopi. Kopi yang di maksud disini adalah kopi hitam bukan kopi instan.

Pada kali ini kami akan membahas tentang cara minum kopi yang baik sehingga dapat menyehatkan, berikut ini penjelasan kami

1. Minum Kopi di Pagi Hari

Minum kopi di pagi hari dipercaya memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tetapi jika minum kopi secara berlebihan dan dengan tambahan gula maka akan menjadi berbahaya bagi kesehatan.

2. Membuat Kopi Sendiri di Rumah

Dengan membuat sendiri kopi dirumah maka anda akan tahu tingkat kebersihan dari peralatan yang akan digunakan untuk membuat kopi daripada di kafe atau kedai kopi yang tidak ada jaminan untuk kebersihannya.

3. Hindari Gula atau Pemanis Lainnya

Di dalam kopi memiliki beberapa senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan tetapi kopi akan menjadi berbahaya jika ada tambahan gula. Penggunaan gula tambahan pada kopi tidak baik untuk kesehatan tetapi jika tidak ingin kopi terasa pahit dapat ditambahkan madu sebagai pengganti gula. Terlalu banyak konsumsi gula dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes atau obesitas.

4. Pilih Kopi Organik

Kualitas dan cita rasa kopi sangat tergantung pada cara pengolahan kopi dan bagaimana cara biji kopi tersebut ditanam. Biji kopi biasanya di tanam dengan pestisida dan bahan kimia lain sehingga jika di konsumsi manusia dapat menyebabkan masalah kesehatan. Sebaiknya mengkonsumsi kopi yang terbuat dari biji kopi organik yang bebas pestisida atau bahan kimia lainnya.

5. Menambahkan Bubuk Kayu Manis

Menambahkan bubuk kayu manis ke dalam kopi dapat memunculkan cita rasa tersendiri yang enak dan nikmat pada kopi dan juga kayu manis memiliki manfaat bagi kesehatan. Penambahan bubuk kayu manis diharapkan tidak berlebihan karena apapun yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

6. Jangan Minum Terlalu Banyak

Apapun yang berlebihan tidak akan baik untuk kesehatan, begitu pula dengan konsumsi kopi berlebihan pun tidak baik untuk kesehatan karena asupan kafein yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping yang merugikan kesehatan.

Para ahli merekomendasikan untuk konsumsi kopi tidak lebih dari 2,5 mg perkilogram berat badan perhari. Satu cangkir kopi rata-rata mengandung kafein sekitar 95 mg atau setara sekitar dua cangkir kopi perhari untuk orang dengan berat badan 80 kg. Baiknya mengkonsumsi kopi tidak lebih dari empat cangkir perhari.

7. Jangan Konsumsi Kopi Setelah Jam 14.00

Kopi adalah salah satu sumber kafein alami sehingga dapat memberikan stimulan yang membantu membangkitkan energi dan membuat kita lebih waspada.

Minum kopi lebih dari jam 14.00, baik sore maupun malam hari, dapat mengganggu kualitas tidur yang dapat menimbulkan efek buruk pada kesehatan.

8. Seduh Kopi Dengan Kertas Filter atau Kertas Saring

Kopi seduh mengandung Cafestol yaitu senyawa diterpen yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah sehingga untuk mengurangi cafestol tersebut dapat menyeduh kopi dengan kertas filter atau kertas saring sehingga dapat mengurangi kadar cafestol pada kopi.

9. Tambahkan Coklat atau Kakao

Coklat mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan termasuk dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu coklat juga dapat menambah cita rasa pada kopi. Varian kopi dengan tambahan coklat seperti kopi moka atau kopi latte rasa coklat.

10. Hindari Penggunaan Krim Rendah Lemak

Krim rendah lemak yang di jual bebas di pasaran biasanya mengalami pemrosesan dengan bahan-bahan yang kurang terjamin keamanannya bagi kesehatan sehingga dengan penambahan krim rendah lemak pada kopi dapat meningkatkan resiko bahaya pada kesehatan. Daripada menggunakan krim rendah lemak tersebut sebagai tambahan kopi, akan lebih baik jika menggunakan krim yang terbuat dari susu sapi organik.

Sumber Gambar : Foto oleh Wallace Chuck dari Pexels

Bagikan Informasi :
Terakhir disunting : 7 months yang lalu..

Terkait


Komentar telah ditutup.

×

×

Butuh bantuan?

×

×

PARANASHTA – 100% Cinta Produk Indonesia PARANASHTA – 100% Cinta Produk Indonesia

Dapatkan! Info & Produk Terbaru

melalui media sosial PARANASHTA – 100% Cinta Produk Indonesia :
Subscribe    

×


×

×

Belum ada produk..
    Subtotal:

    * Belum termasuk ongkir..
    %0A%0A— — — — — — — — — — —%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0ASubtotal : **%0A%0A — — — — — — — — — — —%0A%0A


    Catatan : Total harga + ongkir yang harus dibayar akan diinformasikan oleh admin PARANASHTA – 100% Cinta Produk Indonesia, setelah mengirim data pesanan.

    Kirim Pesanan