4 Langkah Mulai Penjualan Secara Online

4 langkah mulai penjualan secara online

Paranashta – Sebelunya kami telah membahas tentang apa itu Internet, kali ini kami akan membahas tentang 4 Langkah Mulai Penjualan Online. Pengertian dari Penjualan adalah suatu proses usaha yang dilakukan oleh perseorangan atau badan usaha dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencari atau mendapatkan calon pembeli, menawarkan dan membujuk calon pembeli agar mau membeli dan memanfaatkan produk yang ditawarkan sesuai yang diharapkan. Sedangkan Penjualan Online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan perangkat elektronik yang terhubung dengan jaringan internet.

Ada berbagai macam Platform atau media berjualan online yang dapat digunakan yaitu antara lain Marketplace, Media Sosial dan Website. Platform atau media berjualan online tersebut dapat digunakan salah satu atau dikolabrasikan antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat mempermudah untuk mengenalkan  dan membangun brand yang dimiliki. Marketplace yang biasa digunakan antara lain Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Olx, Lazada, dan lain sebagainya. Sosial Media yang biasa digunakan yaitu facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Untuk website dapat dibangun secara sendiri atau menggunakan Jasa Pembuatan Website.

4 Langkah Memulai Berjualan Online

Sebelum lanjut, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa yang akan kita jual. Banyak sekali hal yang dapat menjadi pertimbangan kita untuk memilih apa yang kita jual seperti gambar berikut ini :

apa-yang-kita-jual-1024x359

Setelah kita mengetahui apa yang ingin kita jual maka selanjutnya kita masuk ke Langka 1.

#1. Membangun Pondasi Website Penjualan

Membangun website penjualan sendiri sangat penting, karena menggunakan media lain ibarat menumpang di “rumah” orang dan ini tidak cukup. Untuk membuat website kita dapat membangunnya secara sendiri atau menggunakan Jasa Pembuatan Website. Dalam membuat website penjualan, sangat penting untuk mempertimbangkan pula banyaknya jenis barang/ jasa yang akan kita tawarkan.

website-penjualan-online-1024x347

#2. Membangun Pondasi Media Sosial

Sebagai penjual, tentunya kita perlu mengundang pembeli untuk datang, untuk itu perlu masuk ke tempat yang banyak orangnya seperti Media Sosial. Media Sosial diperankan sebagai sarana pemasaran dan komunikasi dengan pelanggan, bukan sebagai tempat jualan utama. Dalam menggunakan media sosial, perlu dipastikan dulu target pasar kita sebagian aktif dimana, maka kita perlu juga aktif di media tersebut. Contoh media sosial yang dapat digunakan antara lain

media-sosial-facebook-1024x376

media-sosial-instagram-1024x404

#3. Mendapatkan Penjualan Pertama

Membuat pondasi website dan media sosial itu mudah, tantangan sebenarnya adalah mendapatkan pembeli pertama. Beberapa faktor yang dapat menjadi penentu keberhasilan penjulan adalah harga yang bersaing, kualitas yang baik, dan pelayanan yang ramah. Dan faktor yang juga penting adalah bagaimana kita bisa muncul di calon pembeli. Ada beberapa cara yang dapat digunakan agar kita bisa lebih mudah tampil di depan pelanggan, yaitu

Bergabung dengan Pasar Online/ Marketplace
Pasar online sangat efektif untuk mendapatkan pembeli. Pasar online menjadi efektif ketika produk kita sudah umum di caridan kita tidak tahu bagaimana cara mendatangkan pengunjung (mengembangkan website membutuhkan waktu).

Buat Konten dan Sebarkan
Tidak ada yang ragu bahwa media sosial dan situs komunitas merupakan tempat terbaik untuk mendatangkan pengunjung dengan cepat. Cara yang dapat digunakan untuk promosi yaitu temukan situs komunitas yang sesuai dengan bisnis anda, cari permasalahan utama dari orang – orang di sana, buat konten yang dapat menjadi solusi permasalahannya lalu sebarkan konten tersebut. Karena sebagian besar orang yang ada di internet ingin mendapatkan informasi maka strategi seperti ini sangat efektif untuk memperkenalkan mereka dengan bisnis anda dan mendapatkan pembeli.

Mulai Bereksperimen dengan Facebook Ads dan Google Adwords
Ini merupakan metode beriklan di Facebook dan Google, untuk memilih diantara keduanya hal berikut dapat menjadi pilihan :

  1. Jika keyword atau kata kunci yang diinginkan banyak di cari lewat google maka gunakan Adwords. Jika tidak dapat menggunakan Facebook
  2. Interest dan Demografi di facebook lebih akurat
  3. Untuk konversi penjualan, Adwords lebih unggul tapi umumnya harga per klik lebih mahal
  4. Untuk konversi non penjualan, Facebook lebih unggul

Dapatkan Endorsement dari Selebgram
Endorsement oleh Selebgram dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

  1. Cari akun instagram yang followernya banyak dan merupakan target pasar yang tepat
  2. Kirimkan mereka produk dari anda secara gratis
  3. Mereka akan merekomendasikan produk anda kepada followernya lewat foto

Lakukan AMA (Ask Me Anything) di forum Komunitas
Sama seperti media sosial, forum online juga merupakan tempat yang sangat efektif untuk mendapatkan pembeli. Untuk dapat mempromosikan bisnis, anda minimal harus memberikan manfaat kepada anggotanya. Ini dapat dengan cara membuat thread/diskusi yang menarik atau menjawab thread orang lain. Topik dari AMA ini sebaiknya sesuai dengan bisnis kita.

#4. Dari Sekedar Jualan Menjadi Bisnis

Berhasil menjual dan berbisnis merupakan 2 (dua) hal yang berbeda. Berbisnis diharapkan dapat memberikan dampak pada jangka panjang. Untuk memahami istilah berbisnis dapat menggunakan Marketing Funnel berikut ini :

marketing-funnel

 

Berhasil menjual hanya mencapai tahapan  Marketing Funnel yang ke-4. Agar dapat berjalan terus dan berkelanjutan maka perlu sampai tahapan Advocacy. Hal – hal yang dapat dilakukan antaranya adalah :

  1. Melakukan Content Marketing, Konten sangat bermanfaat untuk membangun interest dari calon pelanggan dan konten yang baik adalah yang mengedukasi dan memberikan manfaat
  2. Melakukan List Building dan Email MarketingList Building artinya proses mengumpulkan email dari calon pelanggan dan Email Marketing merupakan proses pemasaran dengan email sebagai medianya. Email terasa lebih personal. Dengan menggabungkan Content Marketing dan Email Marketing maka hubungan positif dengan pembeli juga akan tetap terjalin

 

Sumber Bacaan :

  1. Modul Pelatihan dan Pendampingan Rumah Kreatif BUMN
  2. https://goklatenjualango.blogspot.com/2013/01/pengertian-atau-definisi-serta-arti-penjualan-secara-online.html

Sumber Gambar :

  1. Modul Pelatihan dan Pendampingan Rumah Kreatif BUMN
  2. http://yuwanda36opk.blogspot.com/2016/04/jual-beli-online.html

Anda Pelaku Usaha atau UKM?
Ingin mempublikasikan informasi usaha atau produk?
Ingin usaha atau produk di kenal secara luas melalui internet?

Konsultasikan kepada kami melalui tombol di bawah ini


Bagikan Informasi :
Tags: